Show Mobile Navigation

Senin, 04 Februari 2013

Penerapan HACCP

Bagus L.O.G - 02.12

  
Penerapan HACCP pada Susu KUD DAU
1.Susu KUD DAU
Koperasi Unit Desa “DAU” memproduksi 2 macam susu yaitu susu segar dan susu pasteurisasi. Untuk susu pasteurisasi di Koperasi Unit Desa “DAU” ada lima macam rasayaitu rasa coklat, rasa strawberry, rasa mocca, rasa melon, dan rasa durian. Daerah pemasaransusu Koperasi Unit Desa “DAU” meliputi daerah Jawa Timur dan Bali. Selain itu untuk memperluas usaha Koperasi Unit Desa “DAU” menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan, seperti : PT. PAL Surabaya, PT. Aneka Jasa Gresik, PT. Bharata Surabaya, PT.Sampurna Lamongan, serta beberapa perusahaan di daerah Bojonegoro, dan Jombang.Koperasi Unit Desa “DAU” terletak didusun sengkaling, desa Mulyoagung, KecamatanDau Kabupaten Malang. Wilayah kerja KUD merupakan daerah wisata, kerajinan, pertanian, peternakan, perkebunan, dan kawasan perumahan. Luas wilayah kerja KUD “DAU” yaituseluas 5.725.502 M2, meliputi 10 desa dan dengan letak geografis ketinggian 450 – 1100 Mdari permukaan laut, dengan suhu 18 º – 30 ºC. Gedung tersebut merupakan pusat kegiatandari unit-unit usaha Koperasi dalam menjalankan usahanya. Letak KUD “DAU” mudahdijangkau karena terletak di tepi jalan raya propinsi, juga relatif dekat dengan pusat kotamalang yaitu sekitar 10 Km.
Proses Pengolahan Susu KUD DAU
Saluran Distribusi
Type saluran distribusi yang dilakukan melalui (Produsen – Pengecer – Pemakai) ini dilakukanuntuk pasar masyarakat umum .
http://htmlimg4.scribdassets.com/1wvkgfjf9cw8wi0/images/2-04c9d0a19c.jpg
Saluran Distribusi
Type saluran distribusi yang dilakukan melalui (Produsen – Pengecer – Pemakai) ini dilakukanuntuk pasar masyarakat umum .

 
Sedangkan untuk type saluran distribusi melalui (Produsen – Pemakai) ini dilakukan langsungoleh KUD kepada pemakai yaitu ke perusahaan atau Instansi.DAU FRESH MILK susu segar di salurkan kepada konsumen melalui tahapan sebagai berikut :



DISTRIBUSI SUSU MURNID



istribusi langsung ini dilakukan KUD DAU Malang terutama Produk susu murni denganstandar yang ditetapkan
Penanganan Susu Segar di Koperasi
Susu segar setelah sampai di KUD, segera dilakukan pengujian untuk menentukan kualitassusu segar, serta harga beli susu. Setelah melalui pemeriksaan, susu segar yang telahdinyatakan memenuhi persyaratan mutu dilakukan proses pendinginan. Kemudian sususegar tersebut akan dikirimkan kepada pihak PT. Nestle (75%) serta untuk diproses menjadisusu pasteurisasi di KUD DAU sendiri (25%).
Peralatan dan Perlengkapan
Mesin dan peralatan yang digunakan KUD DAU adalah meliputi :
“Dump Tank”
Dump tank adalah tangki penampung susu segar yang dibawa dengan truk di pos penampungan. Fungsinya untuk menampung susu yang disetorkan oleh peternak. Tangki penampung ini dihubungkan dengan “cooling unit” (unit pengolahan) menggunakan pompa“centrifuge”, terbuat dari baja tahan karat dan memiliki kapasitas tamping susu 500 liter.
“Ice Bank”
Fungsinya untuk menghasilkan air dingin bersuhu 10
C yang didinginkan oleh sebuahkompresor dengan kekuatan 100 kkal/jam dengan kapasitas alat 6000 liter air dingin. Prinsipkerjanya adalah Freon pada alat akan mendinginkan 6000liter air yang masuk sampai suhu10 C. Air dingin tersebut selanjutnya dialirkan keluar dengan kecepatan 25.000 liter/jamuntuk mendinginkan susu. Suhu air dingin akan menjadi 6 0 C karena terjadi pertukaran panas


http://htmlimg2.scribdassets.com/1wvkgfjf9cw8wi0/images/3-97893f24ab.jpg

0 komentar :

Posting Komentar

Kritik & saran yang membangun.