Show Mobile Navigation

Senin, 04 Februari 2013

Apakah yang dimaksud dengan WWW ?

Bagus L.O.G - 02.04

Mengenal WWW (World WidWeb)

Apakah yang dimaksud dengan WWW ?
www adalah tempat untuk memberikan informasi berbasiskan elektronik berupa : multimedia, teks , grafis serta segala data dan informasi yang dapat   dimasukkan   dalam   format   –   forma tersebut,   umunya   bahasa   yang digunakan untuk memberikan informasi berbasiskan HTML.

Sejarah WWW
Pada  bulan  juli  tahun  1945  Dr  Vannevar  Bush  menulis  sebuah  artikel tentang photo electrical mechanical  di Atlantic Monthly, isi artikel tersebut adalah membuat  link  anatar  dokumen  pada  microfiche . saat  ini  artikel  tersebut  dapat dinikmati   di   http://www.theatlantic.com/unbound/flashbks/computer/bushf.htm  , lalu pada tahun 1960-an.
Doug Engelbart membuat prototipe   "oNLine System" (NLS)   dengan   kemampuan   membuat   email   dan   bahasa   hypertext   untuk browasing, untuk keperluan inilah dia menemukan mouse.
pada era 1990 – an bahasa hypertext dibuat oleh sebuah tim yang diketuai oleh Mike Sendall di CERN,  selama  hampir  7  bulan  akhirnya  tim  tersebut  berhasil  menyelesaikan bahasa  hypertext  berikut  browser  dan  editornya.  
Saat  ini  perkembangan  dari www  didatur  oleh   The  World  Wide  Web  Consortium  (W3C).  The  WWW Consortium didanai oleh perusahaan perusahaan besar yang bergerak dalam bidang   IT   dan   elektronik   seperti     AT&T,   Adobe   Systems,   Inc.,   Microsoft Corporation  dan  Sun  Microsystems,  Inc.
 tujuan  utama  yaitu  mempromosikan perkembngan  dari  web  degan  mengembangkan  spesifikasi  teknis  dari  bahasa HTML yang bebas untuk diapakai oleh siapa saja.  Konsorsium dijalankan oleh MIT dan INRIA (The French National Institute for Research in Computer Science.

Bagaimanakah web bekerja ?
          Web bekerja didasarkan pada jaringan internet, Web bekerja dengan konsep client server komputer yang anda pakai adalah client, pada komputer anda terdapat software browser (misalnya internet explore)  ,  ketika  anda  mengetikkan  sutu  alamat  situs  dalam  browser  tersebut misalnya  www.brawijaya.ac.id lalu  menekan  enter,  browser  akan  meminta  ke komputer  server  halaman  situs  yang  telah  anda  ketik,  server  tersebut  akan memproses halaman yang diminta oleh browser, apabila halaman itu ditemukan server  akan  mengirimkan  halaman  tersebut  ke  browser  di  komputer  anda, kemudian browser akan menginterprestasikan data yang didapat dari komputer server lalu ditampilkan di komputer anda.
Halaman     web     ditulis     dengan     bahasa     pemograman      yang     disebut Hypertext Markup Language atau HTML, file HTML berisi markup tags, markup tags  inilah  yang  memberi  tahu  browser  bagaimana  halaman  web  ditampilkan, terdapat dua extension file HTML yang dapat digunakan  yaitu .htm dan .html

Apakah yang dimaksud dengan URL  ?
URL  atau  Uniform  Resource  Locators  adalah  alamat  yang  digunakan  untuk menentukan letak file suatu web, url diketikkan pada web browser, url inilah yang akan menentukan File mana yang akan di download oleh komputer client, berikut ini adalah contoh Url :
http://www.brawijaya.ac.id ,  ini  adalah  URL  yang  digunakan  untuk  mengakses halaman web universitas brawijaya
http://www.mesin.brawijaya.ac.id  ,  ini  adalah  URL  yang  harus  diketikkan  ketika anda ingin mengkases halaman web dari teknik mesin universitas brawijaya.

Apakah yang dimaksud dengan Browser ?
adalah  sebuah  software  yang  digunakan  untuk  menerjemahkan bahasa hypertext untuk ditampilkan pada layar komputer client, gambar di bawah ini  adalah  gambar  browser  yang  paling  banyak  dipakai  di  dunia,  yaitu  internet explorer,  Mozilla, Opera pada  gambar  tersebut  browser  sedang  mengakses,  menerjemahkan lalu menampilkan bahasa  hypertext sebuah website dengan URL webcom.brawijaya.ac.id

Bagaimana Browser bekerja ?
              Ketika sedang   membuka   sebuah   browser   misalnya   internet explore,  ketika  anda  mengetikkan  sebuah  URL  atau  mengeklik  sebuah  link, Internet Explorer akan mengirimkan permintaan halaman web di internet, dengan alamat  URL  tersebut  dapat  diketahui  server  mana  yang  menyimpan  halaman web  tersebut,  selanjutnya  server  menerima  permintaan  dan  mencari  halaman web  yang  diminta,  apabila  halaman  web  yang  diminta  terdapat  di  server  web tersebut, server akan mengirimkan halaman web yang diminta melalui jaringan internet ke browser di komputer client, ketika halaman tersebut tiba di komputer anda,  internet explore segera menerjemahkan bahasa hypertext dan menampilkannnya di komputer anda, proses ini hanya berjalan dalam hitungan detik.

Apakah web server itu ?
            Web  server  adalah sebuah  komputer  yang  menjadi  pusat  kegiatan  yang melayanani satu atau lebih permintaan jaringan, web server merupakan tempat file   file  yang  hypertext,  grafis  dan  semua  content  dari  suatu  situs,  setiap permintaan URL akan diproses di web server, web server akan mencari data dari url yang diminta lalu kembali mengirimkannya kepada komputer client.
                                          
Bagaimana koneksi antara Client dan Web server ?
Komputer client dapat mengakses homepage dan webpage secara online apabila ia terkoneksi dengan jaringan internet, sebab web server selalu dikoneksikan melalui internet, melalui jaringan internet inilah komputer client dapat berinteraksi langsung dengan jutaan web server yang tersebar di dunia, begitu juga dengan web server melalui jaringan internet web server akan melayani ribuan bahkan jutaan permintaan halaman web setiap harinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :



0 komentar :

Posting Komentar

Kritik & saran yang membangun.