Show Mobile Navigation

Senin, 04 Februari 2013

Alamat Internet

Bagus L.O.G - 01.50
Setiap komputer yang terhubung ke internet diberi alamat oleh internet. Alamat internet ini sebut sebagai URL (Uniform Resources Locator). Ada tiga (3) jenis alamat di dalam internet, yaitu :
1. IP-Address (Alamat Internet Protokol)
Adalah kombinasi angka 0 hingga 9, yang disusun atas 4 kelompok angka. Angka-angka ini menunjukkan nama komputer dan jaringan di mana komputer itu berada. Contoh IP-Address adalah 202.156.25.220. Adalah tidak mungkin untuk mengingat seri nomor yang berjumlah berjuta-juta nomor tersebut. Untunglah para pakar menemukan sistem penamaan yang lebih manusiawi, sistem penamaan ini disebut dengan DNS-Address.

2. DNS-Address (Sistem penamaan menurut nama kelompok)
Domain Name System Address adalah cara pengalamatan komputer menuru nama kelompok. Penamaan ini tidak lagi menggunakan angka, tetapi berupa huruf. Contoh DNS-Address adalah www.kr.co.id. URL ini menjelaskan nama komputer "kr" yang terdapat di server "www" dan "kr" tersebut mempunyai tipe domain "commercial" yang terdapat di "indonesia".
Ada beberapa tipe domain, yaitu domain tematis dan domain geografis. Domain tematis terdiri atas beberapa, yaitu :
- com commercial/perusahaan contoh www.infokomputer.com
- gov government/pemerintahan www.whitehouse.gov
- edu education/pendidikan www.mit.edu
- mil military/militer www.abri.mil.id
- org organization/organisasi bukan komersial www.amanat.org
- net network/jaringan www.cybernet.co.id
Selain domain tematis di atas ada pembagian domain menurut geografis (negara). Misalnya :
- it untuk negara Italia
- uk untuk negara Inggris (United Kingdom)
- id untuk negara Indonesia
- dan lain-lain
3. Email-Address (Alamat Email/alamt surat elektronik)
Pengalamatan URL ini berbeda dengan 2 tipe sebelumnya. Dan jangan mencampuradukan email address dengan dns-address ataupun ip-address. Alamat surat elektronik (email) digunakan untuk mengirim/menerima email. Contohnya : w.danu@mailcity.com, ritha@eudoramail.com, dan lain-lain.
Ada hal yang harus diingat tentang penulisan alamat (URL), yaitu bahwa penulisan URL tidak boleh menggandung spasi. Dan antar kelompok domain dipisahkan oleh tanda titik (.). Contoh : www.microsoft.com ini adalah contoh yang benar. Contoh yang salah adalah : www. kr.co.id salah karena ada spasi setelah www.

0 komentar :

Posting Komentar

Kritik & saran yang membangun.